Rabu, 01 Juli 2009

Marketing Plan

MARKETING PLAN X CAFÉ
Kecendrungan trend baru masyarakat jogja senang menkonsumsi kopi, itu merupakan suatu peluang bisnis yang menarik yang pantas untuk dijalankan. Betapa tidak, didasari oleh kultur maryarakat yang cendrung senang bersosialisasi dan berkumpul membuat kami menilik bisnis ini.
Disamping itu, seiring dengan banyaknya permintaan, banyak juga cafe-cafe baru bermunculan bagaikan jamur dimusim hujan. Dengan begitu kami terus berusaha untuk tetap menjadi yang terbaik dikelasnya dengan menerapkan strategi yang baik. Tidak biasa dipungkiri, kunci kesuksesan tidak terlepas dari suatu perencanaan yang baik, perencanaan yang baik dengan penerapan yang konsisten akan membuahkan hasil yang baik pula.
Target pasar
1.Siswa dan mahasiswa
2.Karyawan kantor
3.Keluarga muda, dan
4.Siapa saja yang mengiginkan tempat tongkrongan asik.
Analisis Situasi
Banyaknya cafe-cafe baru yang menawarkan konsep yang hampir sesupa menambah semakin ketatnya persaingan. Hal ini tidak membuat kami gentar, kami semakin termotivasi dan merasa tertantang untuk terus maju, karena kami yakin kami tetap mampu mempertahankan sekaligus menambah pelangan. Ini bukanlah hanya isapan jempol belaka karna kami memiliki strategi dan perencanaan yang matang.
Krisis financial global yang melanda saat ini mempengaruhi menurunnya daya beli masyarakat, sehinga secara tidak langsung mempengaruhi usaha yang kami jalankan. Namun kami optimis dalam situasi yang seperti ini keinginan akan entertain serta refreshing yang terjangkau masih sangat dibutuhkan.
Ringkasan Pasar
X cafe memiliki informasi yang baik tentang pasar, informasi ini digunakan untuk megidentifikasi lebih baik siapa pelangan, apa yang mereka inginkan, apa kebutuhan mereka dan bagaimana berkomunikasi dengan mereka.
Kebutuhan Pasar
Sebagaimana telah dikemukakan diatas, masyarakat khususnya jogja senang berkumpul dan berinteraksi satu sama lain untuk bersosialisasi. Didasari hal tersebut kami hadir sebagai jawaban atas kebutuhan itu. Kami menyediakan tempat serta fasilitas yang menunjang kegiatan tersebut, kami hadir dengan nama X cafe.
Analisis SWOT
Analisis SWOT akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kelemahan dan kekuatan utama X cafe serta ancaman dan peluang.
1.Kekuatan
Pengalaman serta pemahaman tentang bidang bisnis yang dijalankan, terbukti X cafe memiliki tenaga barista-barista yang handal.
Rancangan produk yang menarik, kreatif dengan bermacam varian serta cocok dengan selera konsumen.
Mengunakan sistem pelayanan terbaik sehingga pelanggan merasa kerasan berada di X café serta kecendrungan untuk kembali sangat tinggi.
2.Kelemahan
Pada saat pegunjung membeludak tempat parkir X cafe belum mampu untuk menampung kendaraan pelanggan yang datang
Struktur modal masih mengandalkan modal sendiri sehinga rencana ekspansi masih belum bias dijalankan
3.Peluang
X Café menjadi barometer perkembangan cafe-cafe sekelas yang ada dijogja.
Pasar potensial masih terbuka lebar
4.Ancaman
Krisis financial global member dampak menurunya daya beli masyarakat
Pesaing-pesaing baru yang bermunculan menjadikan persaingan semakin ketat
Kunci Keberhasilan
X cafe memproduksi produk yang sesuai dengan keinginan pelangan dengan harga yang terjangkau, disamping itu X cafe juga memberikan pelayanan serta pasilitas terbaik untuk memanjakan pelanggan. Sebagai contoh bagi pelanggan yang gemar brosing X cafe menyediakan fasilitas free hotspot dan bagi yang gemar berolah raga,kami menyediakan lapangan footsal yang dilengkapi kamar mandi dengan pilihan air panas atau dingin. Serta masih banyak fasilitas-fasilitas lain yang dapat memanjakan pelanggan.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran kami lebih dititik beratkan pada relasi, dimana kami banyak bekerja sama dengan basis-basis perkumpulan, komunitas-komunitas. Kami juga bersedia menjadi sponsor ship kegiatan-kegiatan musik, olah raga dan kegiatan hobi seperti kontes-kontes modifikasi motor.dengan begitu brand kami lebih mudah dikenal dan akrap dibenak konsumen.
Misi
Misi X cafe membuat pelanggan dapat melupakan semua kepenatan atau masalah jika datang ketempat kami dengan memberikan pelayanan terbaik berbasis relasi.
Tujuan Pemasaran
1.Mempertahankan pertumbuhan
2.Mencapai peningkatan market shere
Sasaran Finansial
1.Meningkatkan Marjin laba sebesar 0.5% pertriwulan melalui efisiensi
2.Mengalokasikan daya untuk pengembangan

Pasar Sasaran
Dengan bertambahnya minat masyarakat mengkonsumsi kopi, tujuan X cafe adalah memperluas pasar dengan melakukan promosi yang lebih intensif. Berdasarkan hasil pengamatan minat mengkonsumsi kopi masyarakat semakin meningkat. Produk X menargetkan kelompok siswa dan mahasiswa serta masyarakat muda sebagai pasar potensial.
Penenpatan Posisi
X cafe menempatkan dirinya sebagai cafe menengah yang tidak terkesan murahan, didukung manajemen yang berpengalaman, barista-barista yang handal serta semangat kecintaan terhadap minuman kopi menjadikan kami mampu menyuguhkan minuman yang sesuai dengan selera konsumen.
Bauran Pemasaran
X cafe dalam bauran pemasaran mengunakan pendekatan harga, disribusi dan promosi.
1.Harga
Kami menetapkan harga berdasarkan harga satuan eceran
2.Distribusi
Distribusi yang kami jalankan boleh dikatakan meniru distribusi yang dijalankan oleh merek dagang……, dimana hanya tersedia di X cafe saja. Hal ini tentunya memiliki alasan, ialah agar produk kami terkesan limitied,


3.Promosi
Sistem promosi yang dijalankan ialah public relation yaitu dengan menjadi sponsor event-event serta community affairs atau hubungan dengan komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

senang menerima komentar anda