Kamis, 07 Januari 2010

Stategi Pengendali pasar (market-Driven Strategic)

• Tantangan mendasar dari perubahan pasar dan persaingan sengit yang dihadapi di seluruh dunia semakin kompleks dan cepat meningkat. Pasar dan industri sekarang sulit untuk menentukan strategi karena masuknya bentuk-bentuk baru yang mengganggu persaingan. Pelanggan menuntut nilai unggul dari barang dan jasa (produk) dari sebelumnya, sehinga mereka memerlukan lebih banyak lagi pengetahuan tentang produk-produk yang mereka buat
• Pengaruh eksternal dari berbagai kelompok telah meningkat secara dramatis di setiap negara. Inisiatif perubahan besar dalam kehidupan manusia menimbulkan inovasi-inovasi baru. Banyak perusahaan mengadopsi strategi berbasis pengendali pasar. Keputusan strategi bisnis harus dimulai dengan pemahaman yang jelas tentang pasar, produk dan pesaing.
Yang menjadi dasar dari strategi pengendali pasar yaitu pasar dan pelanggan yang membentuk pasar harus merupakan titik awal dalam perumuskan strategi bisnis. "Cukup banyak kemajuan telah dibuat dalam mengidentifikasi bisnis berorientasi-pasar, seperti digambarkan oleh P & G, strategi pengendali pasar menyediakan perspektif perusahaan, yang mana mensyaratkan pengintegtasian aktivitas yang efektif dan memproses dampak dari nilai pelanggan
Beberapa isu yang terkait strategi pengendali pasar
1. Karakteristrik strategi pengendali pasar
Keuntungan utama sesuai orientasi pasar adalah memperoleh pemahaman tentang bagaimana kemungkinan akan berubah di masa depan. Pengetahuan ini memberikan landasan untuk merancang strategi berbasis pasar. Mengembangkan visi tentang pasar, mendapatkan informasi tentang pelanggan, pesaing, dan pasar. Melihat informasi dari prespektif total bisnis dan menentukan bagaimana cara menyampaikan nilai pelanggan yang superior serta mengambil tindakan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
2. Mengapa perlu melaksanakan strategi pengendali pasar ?
perkembangan dari strategi pengendali pasar bukan merupakan usaha jangka pendek. Sejumlah usaha perlu dipertimbangkan untuk membangun suatu organisasi dan proses pengendali pasar.
 Mengidentifikasi Kemampuan Khusus
Pemahaman tentang kemampuan khusus organisasi dan bagaimana hubungan dengan nilai pelanggan sebagai pemahaman penting dalam pertimbangan mendesain strategi pemasaran . Manajemen harus menempatkan fokus strategi perusahaan pada kemampuan khusus.
kemampuan ini memungkinkan organisasi untuk bersaing dalam pasar baru, menyediakan nilai yang signifikan bagi pelanggan, dan menciptakan hambatan bagi pesaing potensial yang masuk.
 Jenis kemampuan
Mengklasifikasikan kemampuan organisasi berguna dalam mengidentifikasi kemampuan khusus.
Menciptakan Nilai bagi Pelanggan
• Nilai pelanggan merupakan hasil dari sebuah proses yang dimulai dengan strategi bisnis dalam pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan pelanggan. Penciptaan nilai pelanggan merupakan tantangan yang penting bagi manajer. Prioritas pada nilai pelanggan merupakan hasil dari pengalaman perusahaan melalui “TQM” kualitas total manajemen dikarenakan ketatnya persaingan dan meningkatnya permintaan pelanggan
Menjadi Pengendali Pasar
Seperti telah dibahas sebelumnya, kemampuan organisasi yang digunakan untuk memberikan nilai perbedaan dalam menawarkan produk, menawarkan harga yang relatif lebih rendah terhadap merek bersaing, kombinasi biaya rendah dan diferensiasi
1. Merasakan Pasar dan berhubungan dengan pelanggan
Penelitian berorientasi pasar, berkembangnya paradigma strategi bisnis, dan Conference Board, semua menunjukkan pentingnya pasar dan kemampuan berhubung dengan pelanggan di pasar yang berhasil mencapai strategi pengendali pasar.
a. Kemampuan Merasakan Pasar
Perusahaan pengendali pasar sudahkan efektif untuk belajar proses tentang pasar perusahaan mereka. Merasakan, melibatkan lebih dari sekedar mengumpulkan informasi. Itu harus dilakukan bersama lintas fungsional dan diinterpretasikan untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.
b. Kemampuan berhubungan dengan pelanggan
Menciptakan dan memelihara hubungan dengan pelanggan sangat penting dalam strategies pengendali pasar. Hubungan ini memberikan keuntungan bagi pembeli dan penjual melalui informasi bersama. Berhubungan dengan pelanggan juga mengurangi kemungkinan pelanggan beralih ke pemasok lain. Pelanggan adalah aset berharga.
2. Membuat Struktur dan Proses
Dorongan pasar menjadi mungkin untuk dilakukannya perubahan desain organisasi, lebih menekankan pada proses lintas fungsional. Orientasi pasar dan kemampuan proses lintas fungsional memerlukan koordinasi dan keterlibatan. Banyak perusahaan membuat proses perubahan dalam struktur organisasi dan sebagai bagian dari inisiatif nilai pelanggan. Termasuk inisiatif memperbaiki proses yang ada serta merancang ulang proses. Proses-proses yang utama termasuk target untuk menjual dan memasarkan, hubungan dengan pelanggan, pemenuhan pesanan, dan distribusi.
Tantangan Era Baru Pemasaran Strategis
 Meningkatnya Globalisasi
 Keanekaragaman teknologi dan Ketidakpastian

1 komentar:

senang menerima komentar anda